Sabtu, 15 Januari 2011

Deskripsi mengengai pengalaman atau apa yang anda lakukan bila anda menghadapi masalah sosial


1. Perkelahian Antar Warga

   Jawab :  Perkelahian yang sering terjadi dalam masyarakat awam biasanya adalah tawuran antar kampong, hal ini sering kita lihat baik di Koran maupun di media televisi. Permasalahan yang dapat memacu timbulnya perkelahian biasanya hanya kesalah pahaman saja dan semestinya dapat dibicarakan dengan musyawarah antar warga, atau pun perwakilan antar warga. Rendahnya pendidikan dalam masyarakat dapat juga mejadi pemicu hal tersebut, karena sifat dari seseorang yang berpendidikan sangatlah berbeda dengan seseorang yang tak berpendidikan.
            Dari hal ini dapat kita tarik beberapa contoh nyata dari sebuah pendidikan untuk terjun dalam dunia sosial. Seseorang yang berpendidikan dalam dunia sosial masyarakat apabila menyelesaikan sesuatu, maka ia akan menggunakan otak, bukan dengan menggunakan sifat yang berbau kekerasan, apalagi dengan tawuran. Maka dari itu perlu lah seseorang pemimpin yang membawa sebuah penyelesaian dalam permasalahan kearah penyelesaian yang terbaik dan bukan dengan kekerasan.

2) Sikap anda bila ada teman anda yang tidak disukai dalam lingkungan kelas anda? jelaskan dan beri    contoh sikap kepakaan sosial tersebut!

Jawab : mencoba mendekatinnya dan meminta penjelasan dari teman teman mengapa mereka tidak menyukai teman saya tersebut dan setelah itu saya coba menyelasaikan permasalahan itu dengan kepala dingin, agar teman teman saya mau berdamai kembali. Sikap kepekaan tesebut adalah ingin mempersatukan satu dengan yang lainnya. Dengan demikian hal kesalah pahaman antar teman akan cepat terselesaikan, tanpa adanya masalah yang baru, yang hanya dapat merusak hubungan pertemanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar